Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Desa Wisata Berbasis Teknologi Informasi

  • Kartini Kartini Fasilkom, Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia
  • Holder Simorangkir Fasilkom, Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia
  • Malabay Malabay Fasilkom, Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia
  • Riya Widayanti Fasilkom, Universitas Esa Unggul, Jakarta, Indonesia
Keywords: Wisata desa, UMKM pengrajinan, Teknologi Informasi, berbasis digital

Abstract

Warga desa Kadugenep Kecamatan Petir, Kabupaten Serang Provinsi Banten banyak yang membuka usaha home industri atau menjadi pelaku UMKM pengrajin tas, dompet, kelakat bambu dengan bingkai bulat rotan, dan supenir, dengan berbagai model, kwaliats dan bahan. Sudah cukup sukses, hasil kerajinan mereka sudah banyak yang dikirim ke kota propinsi lain hingga ke manca Negara. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat setempat terutama para perangkat  desa, para pelaku UMKM dan para pemuda karang taruna, untuk meningkatkan keterampilan dan pegetahuannya (knowledge) tentang pengusaan penggunaan teknologi informasi, agar semakin bergairah memajukan home industri UMKM, dan pariwisata desa Kadugenep, memperkenalkan (pomosi) Potensi pariwisata desa yang sejuk dengan keindahan alamnya serta  UMKM wilayahnya, berbasis teknologi informasi atau digital. Pengabdian ini dilaksanakan di kantor desa Kadugenep Kecamatan Petir, Kabupaten Serang Provinsi Banten, dengan target 20 0rang warga desa, sebagian besar telah bekerja di Kawasan wisata, home industri  dan pelaku ekonomi kreatif (UMKM). Metode yang digunakan ceramah, diskusi, penyuluhan, pelatihan, serta praktek dan simulasi. Adapun hasil yang di peroleh yakni warga masyarakat desa (para peserta) antusias dan bersemangat, mulai percaya diri, mampu memanfaatkan aplikasi teknologi informasi sebagai media belajar, berlatih dan mencoba memposting gambar, video objek wisata, serta produk kerajinan (yang mereka rekam dan potret langsung ditempat), kemudian mempostingnya secara mandiri menggunakan perangkat handphone miliknya ke medsos mereka (Instagram, FB, WA, lainya). Mereka juga mampu menuliskan descripsi dengan stely tulisan, warna dengan baik. Yang nantinya dapat diakses dimanapun dan kapanpun, oleh orang-orang di luar desa kadugenep.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu, I. W., Zulkarnaen and Fitriyanto, S. (2022) ‘BUDAYA DIGITAL DALAM TRANSFORMASI DIGITAL MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0’, Pengembangan Masyarakat Lokal, 5(1), pp. 20–25. Available at: http://e-journallppmunsa.ac.id/ index.php/jpml/issue/view/85.

Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional (2021) PANDUAN PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT EDISI XIII REVISI. Jakarta: Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset dan Teknologi / Badan Riset dan Inovasi Nasional.

LPPM Universitas Esa Unggul (2022) RENCANA INDUK PENGABDIAN PADA MASYARAKAT UNIVERSITAS ESA UNGGU L 2022-2026. Jakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNIVERSITAS ESA UNGGUL.

LPPM Universitas Esa Unggul (2023) Buku Panduan Internal Penelitian dan Pengabbdian Kepada Masyarakat. Jakarta: LPPM Universitas Esa Unggul.

Pratama, R. S. (2022) Apa Itu Budaya Digital?, Bengkuluinteraktif. Available at: https://www.bengkuluinteraktif.com/apa-itu-budaya-digital.

Simbolon, B. R. (2018) ‘PENGARUH BUDAYA DIGITAL TERHADAP MINAT TRAVELLING’, Darma Agung,XXVI(1), pp. 448–459. Available at: https://jurnal.darmaagung.ac.id /index.php/ jurnaluda/issue/view/2.

Yulinda Devi Pramita 1* Silvia Aji Saputri2, Handayani3, Nabillah Meliani Tildjuir4, Aditya Tri Pamungkas5, Annida Aprilianita Dewi6, (2023), "Optimalisasi Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Terdampak Pandemi COVID-19 di Desa Podosoko, Candimulyo, Kabupaten Magelang", Universitas Muhammadiyah Magelang Volume 4 edisi 1 Tahun 2023 Jurnal Pengabdian Masyarakat

Nia Saurina1*, Maslihah2, Noven Indra Prasetya3, Wisnu Yudo Untoro4, Shofiya Syidada5, Emmy Wahyuningtyas6, (2023), "Sosialisasi Membangun Motivasi Berwirausaha Saat Pandemi di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya", Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang Vol.4, No.1, Bulan,2023, pp.10-21

Published
2024-02-07
How to Cite
Kartini, K., Simorangkir, H., Malabay, M., & Widayanti, R. (2024). Strategi Pembangunan Dan Pengembangan Desa Wisata Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Abdimas Indonesia, 4(1), 38-47. https://doi.org/10.53769/jai.v4i1.523
Section
Articles